Wabup Ajak Kasek PAUD Hingga SMP Promosikan Wisata Mojokerto

Wakil Bupati (Wabup) Mojokerto Pungkasiadi mengajak masyarkat Mojokerto untuk mempromosikan wisata yang ada di Kabupaten Mojokerto. Hal itu diungkapkan Pungkasiadi saat sambutan dalam acara sarasehan promosi wisata bersama Kepala PAUD, TK, SD dan SMP se-Kabupaten Mojokerto di Waterpark Ubalan, Kecamatan Pacet, Rabu (28/8/2019).

“Sabagai warga Kabupaten Mojokerto, kita wajib mempromosikan wisata yang kita punya, kita sendiri juga harus meramaikan wisata lokal,” ajaknya di depan ratusan Kepala PAUD, TK, SD dan SMP se-Kabupaten Mojokerto. 

Karena Kabupaten Mojokerto memiliki banyak lokasi wisata, lanjut Pungkasiadi, gerakan promosi wisata seharusnya wajib diterapkan di sekolah-sekolah. Untuk menyukseskan gerakan promosi wisata ini, Pungkasiadi memberikan solusi sarana transportasi yang bisa digunakan setiap sekolah yang ingin berwisata ke wisata lokal Mojokerto.

“Pemkab Mojokerto punya dua unit bus, ada bus besar  sama bus kecil. Bus besar ini kapasitasnya 60 orang, kalau yang kecil 30 orang, ini kan siswa dua kelas sekaligus pembimbingnya sudah masuk. Silahkan dipakai, silahkan kirim permohonan agar jadwalnya bisa diatur,” ungkapnya.

Pungkasiadi menjelaskan, wisata di Kabupaten Mojokerto hampir tergolong lengkap, mulai dari wisata alam, buatan hingga wisata religi serta budaya. Wabup mengatakan, wisata alam Kabupaten Mojokerto tersebar di wilayah Kabupaten Mojokerto bagian selatan.

“Di Kecamatan Pacet, ada wisata pemandian air panas, ini juga baik untuk kesehatan, kemudian Waterpark Ubalan ini, Air Terjun Coban Canggu. Kemudian Kecamatan Trawas ada Petirtan Jolotundo, kalau lihat di internet kualitas airnya terbaik nomor dua di dunia,” jelasnya.

Untuk wisata religi, Pungkasiadi membeberkan adanya makam Syeh Jumadil Kubro yang merupakan kakek Sunan Ampel, salah satu tokoh Wali Songo. Sedangkan wisata budaya, Kecamatan Trowulan merupakan lokasi di Mojokerto yang paling banyak ditemukan situs purbakala peninggalan Kerajaan Majapahit.

“Kami, Pemkab Mojokerto juga ikut melestarikannya, kami terapkan bangunan pendopo dari mulai kabupaten, kecamatan hingga desa. Kemudian pagar majapahitan juga kami terapkan, di Trowulan juga kita bangun beberapa rumah majapahitan,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Mojokerto Djoko Widjayanto mengatakan, Pemerintah Kabupaten Mojokerto terus berupaya bergerak membangun Kabupaten Mojokerto dari sektor pariwisatanya. “PAD kita kucurkan, kita akan terus membangun Kabupaten Mojokerto tercinta ini melalui sektor pariwisatanya,” tukasnya.

Selain dihadiri Kepala PAUD, TK, SD dan SMP se-Kabupaten Mojokerto, agenda sarasehan tersebut juga dihadiri sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Mojokerto, jajaran camat se-Kabupaten Mojokerto dan alumni Gus dan Yuk serta Purna Paskibraka Kabupaten Mojokerto. (Khl/Ar; Foto : Joko).