Tingkatkan Kualitas SDM, Universitas Mayjen Sungkono Ajak Pemkab Mojokerto MoU

Guna meningkatkan kualiatas sumber daya manusia (SDM) di Kabupaten Mojokerto, Universitas Mayor Jendral Sungkono berupaya menggandeng Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto untuk mewujudkan program tersebut. Surat perjanjian antara kedua pihak ditandatangani di Universitas Mayor Jendral Sungkono dan disaksikan ratusan calon mahasiswa baru, Jumat (6/9/2019).

Rektor Universitas Mayor Jendral Sungkono Mojokerto Hery Setiawan menjelaskan, MoU antara Universitas Mayjen Sungkono dengan Pemkab Mojokerto ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM baik masyarakat hingga Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemkab Mojokerto. 

"Jadi misal Pemkab Mojokerto sewaktu-waktu membutuhkan tenaga pendidik kami untuk sosialisasi dan sebagainya, sewaktuhwaktu kami siap. Dan misal ada ASN Pemkab Mojokerto yang ingin melanjutkan pendidikan S1 atau S2 di sini juga kami sangat terbuka," ungkapnya.

Lanjut Hery, MoU tersebut berlaku selama satu tahun kedepan terhitung sejak ditandatangani. Kegiatan tersebut bakal dimonitoring langsung oleh kedua pihak. "Kami berharap kerjasama ini bisa berkelanjutan," harapnya.

Sementara itu, Wabup Mojokerto Pungkasiadi dalam sambutannya menjelaskan, dunia pendidikan mulai usia dini hingga perguruan tinggi memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas SDM. Meski demikian, Pungkasiadi berpesan kepada mahasiswa Universitas Mayjen Sungkoni agar mandiri setelah lulus perguruan tinggi nanti.

"Jangan terobsesi menjadi ASN, setelah lulus nanti, saya harap kalian tidak mencari pekerjaan, tapi kalian harus menciptakan pekerjaan itu. Jadi kalian harus bisa menciptakan lapangan kerja untuk kalian dan masyarakat lain," tegasnya.

Melalui MoU antara perguruan tinggi dengan Pemkab Mojokerto, Pungkasiadi berharap kedepan, Universitas Mayjen Sungkono bisa mencetak generasi yang berguna bagi bangsa dan dapat membantu kelancaran segala pembangunan dan perbaikan di Kabupaten Mojokerto. (Khl/Ar)