Pastikan Pilkades Serentak Aman, Wabup Mojokerto Tinjau TPS

Guna memastikan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak berlangsung lancar dan kondusif, Wakil Bupati (Wabup) Mojokerto, Pungkasiadi blusukan meninjau beberapa TPS (Tempat Pemungutan Suara), Rabu (23/10/2019). Tidak sendiri, dalam agenda peninjauan pelaksanaan Pilkades serentak kali ini Pungkasiadi ditemani Kapolres Mojokerto, AKBP Setyo Koes Heriyatno dan Komandan Kodim 0815 Mojokerto, Letkol Kav Hermawan Weharima.

"Saya bersama TNI dan Polri wajib memastikan dan menjamin pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Mojokerto berlangsung lancar dan tetap kondusif. Maka dari itu kami kali ini langsung meninjau ke lapangan," kata Pungkasiadi.

Agenda peninjauan hari ini, Pungkasiadi beserta rombongan blusukan di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Gedeg, Sooko dan Trowulan. Rombongan pun memilih TPS yang akan ditinjau secara acak.

Tidak hanya itu, peninjauan kali ini juga dilakukan untuk mengecek kesiapsiagaan dan kesehatan personil keamanan TPS. "Dengan jadwal yang padat seperti ini pasti menguras tenaga, jadi kami harap masing-masing personil mampu menjaga kondisi," imbuh Pungkasiadi.

Untuk diketahui, sebanyak 2.170 orang pasukan gabungan TNI-Polri disiagakan untuk melaksanakan pengamanan pemungutan suara pada Pilkades serentak 2019 di Kabupaten Mojokerto. Pengamanan bakal dilaksanakan selama tiga hari mulai H-1 sampai H+1 atau mulai tanggal 22 hingga 24 Oktober 2019. 

2.170 personel terdiri dari 610 orang personel Polres Mojokerto, 1.298 BKO Polres jajaran Polda Jatim, 62 personel BKO Siaga SPN Polda Jatim, 200 personel SAT Brimob Polda Jatim, 192 personel TNI, 60 personel Satpol PP, serta 2.880 linmas.

Berdasarkan hasil mapping kerawanan TPS, terdapat 40 TPS/desa yang masuk dalam kategori Sangat Rawan, dan 152 kategori Rawan. Untuk itu, beberpa pola pengamanan telah disiapkan dengan matang.

Pada TPS Sangat Rawan, diterapkan pola 15 Polri, 1 TNI/Babinsa, dan 15 linmas. Sedangkan untuk TPS Rawan, digunakan pola 7 Polri, 1 TNI/Babinsa, dan 15 linmas. (Khl/Ar)