Panen Porang Hingga 15 Ton di Lahan 2 Hektare, Bupati Tunjuk Daerah Khusus Sentra Penanaman Porang

Diskominfo Kabupaten Mojokerto - Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati meninjau panen raya porang dari Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Margo Tani di Desa Jembul, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto. Panen raya porang menghasilkan sampai 15 ton di atas lahan seluas dua hektare, Jumat (27/8).

Dalam sambutannya, Bupati Ikfina mengatakan pemda memberikan dukungan penuh terhadap usaha di sektor pertanian terutama umbi porang di Desa Jembul itu. Apalagi, kondisi geografis di Kabupaten Mojokerto berpeluang besar menghasilkan porang berkualitas baik.

“Jadi secara geografis daerah kita bagus, lahan dan cuaca juga mendukung untuk pertanian porang. Bahkan dibandingkan dengan daerah lain yang juga bertanam porang, peluang kita sangat besar, apalagi kalau sudah dipadu ilmu pengetahuan dan teknologi,” ungkapnya.

Ikfina menyebut, Gapoktan Margo Tani yang memanfaatkan peluang menanam porang agar dapat meningkatkan perekonomian daerah sehingga dapat menginspirasi desa-desa lainnya.

Atas keberhasilan itu, pihaknya akan menunjuk satu daerah khusus di Kabupaten Mojokerto sebagai sentra penanaman porang. Dengan harapan dapat menstimulus dan membantu wilayah lain untuk maju bersama dalam meningkatkan produksi tanaman porang.

“Harus ada satu desa yang kita arahkan, bimbing untuk menjadi ikon atau maskot pertanian porang. Ini supaya desa lain bisa meniru sehingga semuanya bisa maju bersama-sama," terangnya.

Sementara Ketua Gapoktan Margo Tani, Samsul Huda mengatakan porang bukanlah tanaman pokok seperti padi maupun jagung, tetapi memiliki nilai ekonomis tinggi.

Hasil porang selama ini telah membantu meningkatkan perekonomian warga setempat. Harga porang Rp 7.200 per Kg nantinya akan dijual ke pabrik.

Ia berharap kedatangan Bupati Mojokerto dapat mendukung petani porang agar lebih berdaya, maju dan meningkatkan produktivitas.

"Porang bukan tanaman pokok tetapi sangat istimewa karena bisa ditanam di mana-mana. Keberadaannya pun tidak mengganggu tanaman lain, penghasilan kami meningkat sejak menanam porang. Dan kedatangan bupati ini semoga bisa membantu petani porang meningkatkan hasil panen," ujarnya. (Dhan;foto:Khl/Ar)