Menyongsong Era Digital, Diskominfo Gelar Bimtek Pembuatan Blog

Guna menyongsong era digital Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Mojokerto menggelar bimbingan teknis (bimtek) pembuatan blog. Bimtek yang digelar di ruang pertemuan Rumah Makan Rumah Apung, Senin (23/9/2019) diikuti oleh ketua Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) desa-desa se-Kabupaten Mojokerto.

Bimtek kali ini tidak lain bertujuan untuk menjawab keluhan KIM terkait peningkatan kapastitas. Hal itu diungkapkan Dian Ratna Dewi, Sekretaris Diskominfo Kabupaten Mojokerto dalam sambutannya saat membuka acara bimtek tersebut.

"Kami ingin nanti setelah bimtek, masing-masing KIM sudah bisa membuat website sendiri. Baik mulai desainnya dan cara pengoperasiannya. Kalau sekarang masih pakai tenaga dari luar KIM, maka ke depan kita wajib bisa sendiri," terangnya.

Adapun pemateri dalam bimtek ini, yakni Abdurahman, Ketua Relawan Teknologi Informasi Komunikasi (RTIK). Abdurahman menjelaskan, seberapa pentingnya informasi bagi masyarakat. Selain itu, Abdurahman juga menjelaskan informasi apa saja yang seharusnya disampaikan ke publik.

"Jangan sampai, kami semua tersesat dalam efek negatif teknologi informasi. Saat ini kan banyak orang suka membagikan berita sebelum tahu sumber kebenarannya, mari kita tekan itu agar hoax tidak ada lagi," tegasnya.

Terbentuknya website KIM di setiap kecamatan se-Kabupaten Mojokerto diharapkan mampu digunakan dengan optimal untuk penyampaian informasi dari tingkat desa. Terutama untuk mempublikasikan produk UKM dan potensi pariwisata di masing-masing desa se-Kabupaten Mojokerto. (Khl/Ar)