Hadiri Sidang Itsbat Nikah, Wabup Mojokerto : Semoga Dapat Memudahkan Masyarakat

Diskominfo Kabupaten Mojokerto – Wakil Bupati Mojokerto, Muhammad Albarra mengahadiri agenda Pelayanan Terpadu Sidang Keliling Itsbat Nikah yang dilangsungkan di Aula PCNU Kabupaten Mojokerto, Senin (5/4/2021).

Dengan adanya inovasi dari Pengadilan Agama Mojokerto bekerjasama dengan Kementerian Agama Kabupaten Mojokerto dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Mojokerto ini, Wabup Mojokerto berharap dapat memudahkan masyarakat dalam melakukan pencatanan pernikahan.

“Alhamdulillah dengan adanya pelayanan terbadu sidang itsbat nikah kelilin ini, masyarakat semua tidak perlu repot-repot ngurusi sana-sini, karena ini adalah sidang itsbat terpadu, jadi sekali di sini, sudah selesai semua,” ungkapnya.

Wabup Mojokerto yang akrab disapa Gus Barra ini menyampaikan, terobosan pelayanan terpadu sidang itsbat nikah ini mampu mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada di tengah masyarakat Kabupaten Mojokerto terkait pencatatan pernikahan.

“Itsbat nikah ini menjadi solisi atas problem-problem yang terjadi khususnya di Kabupaten Mojokerto. Terlebih jika ada masyarakat yang sudah melaksanakan pernikahan tapi belum tercatat di pengadilan agama atau dispendikcapil. Ini akan berimbas kepada keturunan kita yang akan sulit jika ingin melanjutkan pendidikan,” katanya.

Maka dari itu, lanjut Gus Barra, pelayanan terpadu sidang itsbat nikah ini ke depannya diharapkan bisa dilaksanakan hingga tingkat kecamatan. “Semoga nanti bisa sampai tingkat kecamatan, jadi negara ini hadir untuk masyarakat betul-betul merata sampai bawah. Pelayanan pastinya semakin mudah jika ada pelayanan terpadu semacam ini,” harapnya. (Win/Ar)