Dongkrak Ekonomi Masyarakat, Bupati Mojokerto Buka NGR

Desa Ngareskidul, Kecamatan Gedeg, Kabupaten Mojokerto menggelar pembukaan perdana kegiatan Festival Ngareskidul Guyup Rukun (NGR). Pembukaan Festival NGR ini langsung dilakukan oleh Bupati Mojokerto, Pungkasiadi, Minggu (8/3) pagi.

Bertempat di Lapangan Desa Ngareskidul, kegiatan yang merupakan bentuk inovasi Desa Ngareskidul guna mendongkrak ekonomi masyarakat itu rencananya bakal digelar rutin satu bulan sekali per minggu kedua. 

"Hari ini adalah pembukaan, setelah dibuka oleh Bupati Mojokerto, kegiatan ini akan secara rutin digelar setiap minggu kedua dalam setiap bulannya," ujar Yasin Hidayat Kariyadi, Kepala Desa Ngareskidul.

Warga Desa Ngareskidul diminta untuk berjualan produk unggulan di tempat yang sudah disediakan panitia, yakni di sepanjang jalan masuk menuju lapangan Desa Ngareskidul. Tak hanya itu, setiap pagi saat festival digelar, warga juga akan mengikuti senam bersama di lapangan.

"Senam dulu, baru nanti bisa berbelanja. Yang berjualan bisa warga perseorangan, per RT, per RW atau bahkan kelompok PKK. Uang dijual juga bisa berupa kuliner atau kerajinan tangan," kata Yasin.

Dalam rangkaian acara pembukaan Festival NGR kali ini, rombongan Bupati Mojokerto disuguhi penampilan kesenian Kebo Edan yang merupakan kesenian khas Desa Ngareskidul. Rombongan Bupati Mojokerto dan warga tampak antusian menikmati pertunjukan kesenian tradisional yang mirip dengan bambu gila itu.

Sementara, Bupati Mojokerto mengapresiasi inovasi yang telah digagas Pemerintah Desa Ngareskidul tersebut. Pungkasiadi berharap, Festival NGR ini bisa terus berlangsung rutin. "Upaya mendongkrak ekonomi masyarakat ini sangat bagus, semoga kegiatan ini bisa rutin berlangsung seperti yang telah diprogramkan pemerintah desa," ucapnya.

Pungkasiadi juga sedikit menyinggung terkait penyebaran virus corona akhir-akhir ini. Bupati mengimbau, masyarakat agar tetap menjaga kesehatan dengan pola hidup sehat, membuang sampah pada tempatnya, serta rutin mencuci tangan dengan baik dan benar.

Usai menyampaikan sambutan, Bupati Mojokerto selanjutnya melepas balon pertanda bahwa Festival Ngareskidul Guyup Rukun resmi telah dibuka. Didampingi rombongan pejabat di lingkup Kabupaten Mojokerto, Pungkasiadi juga foto bersama di depan ogoh-ogoh Kebo Edan sebelum meninggalkan lokasi acara. (Khl/Ar).