Diskominfo Kabupaten Mojokerto Gelar Bimtek Jurnalistik KIM

Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) merupakan ujung tombak informasi bagi pemerintah dan masyarakat. Untuk mengingkatkan kapasitas anggota KIM Kabupaten Mojokerto, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Mojokerto menggelar bimbingan teknis (bimtek) jurnalistik.

Bimtek jurnalistik bagi KIM yang berlangsung di gedung pertemuan Hotel Raden Wijaya, Kota Mojokerto, Selasa (15/10/2019) ini diikuti sedikitnya 50 anggota KIM dari seluruh desa yang ada di Kabupaten Mojokerto.

Dian Ratna Dewi, Sekretaris Diskominfo Kabupaten Mojokerto mengatakan dengan adanya bimtek jurnalistik ini, diharapkan mampu menyampaikan informasi dengan kemasan produk jurnalistik dengan baik dan benar.

"Dengan peningkatan kapasitas anggota KIM ini, cara penulisan berita agar tidak keliru. Sehingga masyarakat mampu menerima informasi yang utuh seperti apa yang ingin disampaikan oleh informan," ujarnya.

Dian menambahkan, informasi dinilai sangat penting dalam dinamika sosial saat ini. Kecepatan penyebaran informasi hoax yang meresahkan semua pihak diharapkan mampu diminimalkan penyebarannya. "Jika anggota KIM ini tanggap, maka penyebaran informasi hoax mampu diminimalkan," katanya.

Adapun pemateri dalam bimtek jurnalistik kali ini, Diskominfo Kabupaten Mojokerto mendatangkan narasumber dari tim Jatim Newsroom Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur.

Tidak hanya itu, di tengah bimtek jurnalistik kali ini, Diskominfo Kabupaten Mojokerto juga mengundang anggota KIM Mesem dari Kota Surabaya untuk memberikan motivasi kepada KIM Kabupaten Mojokerto. (Khl/Ar)