Dinas Perpustakaan Kabupaten Mojokerto Gelar Workshop Suminagashi Gratis

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Mojokerto menggelar workshop gratis tentang teknik sumigashi, yakni teknik mewarna dengan motif marmer yang bisa diaplikasikan pada tekstil.

Gatot Sukowaluyo, Kasi Kerjasama dan Promosi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Mojokerto mengatakan, workshop suminagashi tersebut bakal berlangsung pada 21 Nopember 2019 mendatang.

“Workshop akan dimulai pada pukul 08.30 WIB di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Mojokerto. Untuk pendaftaran akan ditutup pada 19 Nopember 2019. Peserta dapat mendaftar melalui online dan tidak dipungut biaya,” ungkapnya.

Untuk menfaftar, calon peserta bisa mengakses melalui http://bit.ly/pen-sum. Tidak ada kategori khusus untuk peserta workshop. Workshop yang diadakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Mojokerto dibuka untuk umum.

“Workshop-workshop yang kami adakan dibuka untuk umum, tidak ada kategori khusus. Workshop tersebut merupakan pelaksanaan program kami, yakni program Pustaka Terapan Berbasis Inklusi Sosial,” tuturnya.

Untuk diketahui, suminagashi merupakan seni tradisional tekstil di negeri sakura. Suminagashi adalah teknik membuat dekorasi pada kain dengan menggunakan teknik seperti membuat tekstur marmer. Tekstur marmer dihasilkan dari tinta khusus atau marbling paint. 

Pertama-tama kita siapkan sebuah bak yang berisi air. Lalu kita celupkan kuas kedalam warna yang diinginkan. Tinta menyebar dengan lembut pada permukaan air membentuk pola yang tidak sama. 

“Jika kita letakkan lagi tinta warna lain diatas tinta yang kita bubuhkan pertama kali maka warna tersebut akan membentuk lingkaran-lingkaran warna berselang-seling. Menyebar dengan indah. Kita dapat melakukannya berulang sampai mendapatkan bentuk yang sesuai dengan keinginan,” kata Gatot. (Khl/Ar)