Bupati Mojokerto hadiri Serah Terima Program BPM dan CFW KOTAKU Kabupaten Mojokerto

Diskominfo Kabupaten Mojokerto - Bupati Mojokerto menghadiri Acara Serah Terima Bantuan Pemerintah Untuk Masyarakat (BPM) Reguler dan BPM Cash For Work (CFW) Program KOTAKU atau Kota Tanpa Kumuh Kabupaten Mojokerto Tahun Anggaran 2021. Kegiatan tersebut digelar di Program Ruang Terbuka Publik (RTP) KOTAKU yang terletak di Desa Sooko, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto, Selasa (23/11) siang.

Dalam sambutannya, Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati mengatakan program BPM dan CFW KOTAKU yang digunakan untuk pembangunan infrastruktur skala lingkungan merupakan wujud nyata komitmen pemerintah untuk mencapai target nasional melalui Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR.

”Saya berharap kita semua dapat memanfaatkan semua prasarana infrastruktur lingkungan yang telah dibangun, menjaganya dan merawatnya dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai apa yang telah dibangun rusak dan tidak berumur panjang, dan selanjutnya akan menjadi kewajiban masing-masing lingkungan khususnya melalui Kelompok Pemanfaat dan Pemelihara atau KPP yang dibentuk di tingkat desa agar tidak timbul dan berkembang lagi di waktu-waktu yang akan datang ,” harapnya.

Adapun bentuk pelaksanaan BPM dan CFW program KOTAKU tahun 2021 di Kabupaten Mojokerto berupa pembangunan jalan paving, Drainase dan Ruang Terbuka Publik (Taman Kotaku) di Desa Sooko. Sedangkan CFW berupa perawatan saluran air dan Jalan dengan bentuk kegiatan padat karya tunai, sebagai usaha meningkatkan pendapatan masyarakat pada kondisi pandemi Covid-19.

Dalam Pelaksanaan CFW tersebut dilakukan di 8 desa atau kelurahan yakni Kelurahan Sawahan, Kelurahan Sarirejo, Desa Menanggal Kecamatan Mojosari, Desa Peterongan Kecamatan Bangsal, Desa Jampirogo, Desa Kedungmaling Kecamatan Sooko, serta Desa Jerukseger dan Desa Terusan Kecamatan Gedeg. Semua kegiatan itu senilai total Rp 3,4 Miliar, untuk mendukung pembangunan Kabupaten Mojokerto.

Sementara itu, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Provinsi Jawa Timur yang diwakili oleh Teddy Kreswanto menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya semua pelaku Kotaku mulai dari KSM, BKM, Kepala Desa serta Tim Konsultan Program Kotaku yang telah mensukseskan program BPM Reguler dan BPM CFW di Kabupaten Mojokerto.

Acara serah terima hasil kegiatan BPM di Kabupaten Mojokerto tersebut ditandai penandatangan Berita Acara Serah terima dan kemudian diakhiri dengan Pemotongan Tumpeng dan Gunting Pita oleh Bupati Mojokerto di lokasi RTP desa Sooko.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut asisten 2 bidang Perekonomian, Kepala Bappeda, Kepala Dinas DPRKP2, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Provinsi Jawa Timur, Ketua Tim OSP 3 Jatim, beserta Tim Fasilitator camat dan Kepala Desa penerima BPM. (Dhan/Ar).