Angin Kencang di Kemlagi, BPBD Mojokerto : Puluhan Rumah Rusak

Cuaca ekstrem kembali menghampiri Kabupaten Mojokerto, kali ini Kecamatan Kemlagi yang ada di wilayah utara Kabupaten Mojokerto diterjang angin kencang, Rabu (27/11/2019) siang. Akibat angin kencang tersebut, sejumlah rumah warga mengalami kerusakan mulai ringan hingga berat.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mochammad Zaini mengatakan, kejadian hujan deras disertai angin kencang tersebut terjadi sekitar pukul 13.15 WIB. "Informasi yang kami terima, kejadian sekitar pukul 13.15 WIB sampai 14.00 WIB," ujarnya, Rabu (27/11/2019).

Akibat kejadian tersebut, Zaini menjelaskan ada beberapa pohon tumbang dan angin kencang tersebut juga mengakibatkan beberapa rumah warga mengalami kerusakan. "Pohon tumbang ada di beberapa titik, kemudian rumah warga juga mengalami kerusakan," tuturnya.

Tingkat kerusakan rumah warga pun tidak sama, Zaini menambahkan, kerusakan rumah warga mulai dari kategori ringan hingga berat. "Tidak hanya rumah warga, di Desa Mojogebang ada satu kandang sapi yang roboh, sementara di Desa Mojowiryo ada satu warung yang roboh," imbuhnya.

Terkait data lengkap, Zaini masih menunggu data terbaru hasil dari tim reaksi cepat (TRC) BPBD Kabupaten Mojokerto yang saat ini masih terus melakukan pendataan di lokasi kejadian mengingat kejadian angin kencang kali ini terjadi di empat desa di Kecamatan Kemlagi, yakni Desa Mojogebang, Desa Mojowiryo, Desa Pandan Krajan, Desa Mojowono.

"Nanti data akan kami sampaikan kembali, saat ini proses pendataan masih berlangsung. Lokasinya lebih dari satu desa, jadi tim kami butuh waktu untuk mendapatkan data yang benar-benar valid," pungkasnya. (Khl/Ar)