15 Oktober, Ini Tahapan Pilkades Serentak di Kabupaten Mojokerto

Kabupaten Mojokerto menggelar pesta demokrasi serentak pada 2019 ini. Tahapan-tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak telah dilalui, kini tahapan Pilkades serentak bakal memasuki tahapan kampanye.

Tahapan kampanye tersebut telah dijadwalkan akan berlangsung selama tiga hari, yakni mulai tanggal 15 hingga 17 Oktober mendatang. Hal itu dijelaskan Wasito, Kepala Seksi Aparatur Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Mojokerto.

"Tahapan kampanye sudah kami jadwalkan, yakni mulai 15 sampai 17 Oktober. 15 Oktober adalah agenda kampanye tertutup, sementara 16 sampai 17 Oktober kampanye terbuka," ujar Wasito, Senin (14/10/2019).

Wasito menambahkan, pada kampanye tertutup 15 Oktober nanti, konsep pelaksanaan diserahkan kepada masing-masing panitia pelaksana yang ada di desa yang menggelar Pilkades serentak.

"Konsepnya macam-macam, intinya pada kampanye tertutup ini, calon kepala desa akan menyampaikan visi dan misi. Acaranya ada yang dikemas debat dan lain-lain," katanya.

Sementara, agenda kampanye terbuka pada 16 dan 17 Oktober, panitia pelaksana Pilkades hanya menentukan lokasi digelarnya kampanye. Untuk konsep kampanye akan diserahkan kepada masing-masing calon.

"Lokasi kampanye terbuka ditentukan panitia, jam pelaksanaan juga. Hal ini dilakukan untuk meminimalkan adanya jadwal kampanye calon dengan kesamaan tempat dan waktu," pungkasnya. (Khl/Ar).