Detail Artikel

Manfaat Menggunakan SSL pada Website



     Bagi yang mempunyai bisnis online melalui website, pasti pernah mengalami kekuatiran dan takut jika data-data pengunjung dan file penting kalian diketahui atau bahkan dicuri? hii serem banget ya. Tapi jangan kuatir, keamanan data dan informasi penting kalian akan terjaga dengan kehadiran SSL. Apa sih SSL itu?  Apa saja manfaat menggunakan SSL bagi sebuah website? Yuk mari kita bahas satu per satu:

    SSL (Secure Socket Layer) adalah teknologi keamanan standar untuk mendirikan sebuah link yang terenkripsi antara server dan klien, biasanya dikenal dengan server web (website) dan browser; atau email server dan email klien (misalnya, Outlook).  Teknologi keamanan ini memungkinkan informasi yang sensitif seperti nomor kartu kredit, nomor jaminan sosial, dan kredensial login terkirim dengan aman. Biasanya data yang dikirim antara browser dan server web dalam bentuk teks rentan terhadap penyadapan. Jika penyerang dapat mencegat semua data yang dikirim antara browser dan web server, penyerang bisa melihat dan menggunakan informasi tersebut.

    SSL merupakan sebuah protokol keamanan.Semua browser memiliki kemampuan untuk berinteraksi dengan web server secara aman bila menggunakan protokol SSL. Namun, browser dan server membutuhkan sertifikat untuk keamanan sambungan tersebut. Untuk mendapatkan sertifikat, Anda harus membuat Certificate Signing Request (CSR) pada server kalian. Dengan begitu, browser memungkinkan pengguna mengetahui bahwa situs tersebut aman, sehingga pengguna dapat browsing situs dengan aman dan bahkan memasukkan informasi rahasia mereka.

Bagi yang mempunyai toko online melalui sebuah website, SSL akan menjaga internet dari serangan kriminal dan juga memberi manfaat untuk kalian dan juga pelanggan kalian. Beberapa manfaat menggunakan SSL pada website:

1. Sertifikat SSL dapat meningkatkan peringkat website kalian di Google. Google secara resmi mengumumkan pada 6 Agutus 2014 bahwa enskripsi HTTPS -hanya tersedia dengan sertifikat SSL. Hal tersebut akan menjadi hal yang positif untuk rangking mesin pencari dan SEO. Google merupakan mesin pencari terkemuka di dunia dan merupakan sumber utama traffic website baik website personal maupun bisnis. Maka, memiliki ranking website di google sangatlah penting.

2. SSL menjaga informasi sensitif selama dalam proses pengiriman melalui internet dengan cara dienkripsi. Sehingga hanya penerima pesan yang dapat memahami dari hasil enkripsi tersebut.SSL memberikan enskripsi data melalui HTTPS yang akan melindungi data pengunjung website kalian, memberikan integrits data sehingga kalian mengetahui bahwa data atau website kalian tidak mampu dimodifikasi atau dirusak. Bagi kalian yang mengembangkan bisnis online melalui website, browser akan memberikan isyarat tervisualisasi seperti ikon kunci atau bar warna hijau untuk memastikan dan memberitahu kepada pengunjung website jika mereka berada pada koneksi ter-enkripsi dan aman. Ini akan membawa manfaat yang lebih baik untuk kepercayaan pelanggan dan dalam beberapa hal, bisa dipastikan pengunjung tersebut akan menjadi pelanggan di website kalian. SSL Provider juga akan memberikan segel terpercaya yang bertujuan untuk menanamkan rasa percaya untuk pelanggan kalian. Pada gambar di bawah, kalian dapat melihat alamat pada bar hijau yang datang dengan validasi panjang (EV) Sertifikat SSL.

1427349575561363195

3. Sertifikat SSL juga menyediakan otentikasi. Dengan SSL, dapat dipastikan informasi anda terkirim ke server tujuan dan bukannya ke mesin lain yang tidak memiliki hak atas informasi tersebut. Hal ini sangatlah penting karena sifat dasar dari internet yaitu pengiriman data dan informasi yang akan melewati beberapa jumlah mesin. Setiap mesin, memiliki potensi menjadi website palsu atau adanya peniruan untuk mengelabui pengguna anda mengirimkan informasi ke mesin tersebut. Namun dengan menggunakan PKI (Public Key Infrastructure) dan sertifikat SSL dari penyedia SSL terpercaya, hal ini dapat dihindari.

4. Melindungi Pencurian Data Dalam Bentuk Pemalsuan (Phising) Sebuah email phising adalah email yang dikirim oleh seorang kriminal yang mencoba untuk meniru tampilan website anda. Email tersebut biasanya berisi tautan ke situs mereka atau menggunakan serangan saat ditengah jalan untuk menggunakan nama domain situs kalian. Sangat sulit bagi para kriminal menerima sertifikat SSL yang tepat, maka mereka tidak akan bisa dengan sempurna menirus situs anda. Hal ini memperkecil kemungkinan terjadinya phising, karena pengguna akan melihat tanda kepercayaan di browser mereka.

Sumber : https://www.kompasiana.com/diamond07/website-hosting-manfaat-menggunakan-ssl-pada-website_552fc23e6ea83417338b4584

  • Minggu, 07-01-2018 10:57
  • Admin
  • 111



LINK PENTING

STATISTIK PENGUNJUNG


Pengunjung Hari Ini:
13

Pengunjung Online:
43

Pengunjung Minggu Ini:
729

Pengunjung Bulan Ini:
13700


Pengunjung Tahun Ini:
42447


Total Semua Pengunjung:
42582